tanaman-kemangi

Manfaat daun kemangi (Ocimum sanctum) rupanya tak hanya sebagai lalapan segar saat makan. Namun daun kemangi sering juga ditambahkan pada berbagai ramuan obat tradisional. Di China, tumbuhan ini dahulu sering sekali dipakai sebagai obat infeksi, obat gigitan ular hingga serangga, obat sakit perut sampai obat herbal kanker. Kemangi mudah sekali ditemukan di Indonesia dan inilah dia manfaat dari daun kemangi.

Berikut ini manfaat daun kemangi bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda tahu:

  1. Kandungan anti-inflamasi

Stres oksidatif bisa menyebabkan adanya peradangan pada tubuh dan daun kemangi rupanya mengandung sifat anti-inflamasi yang terdapat dalam kandungan minyaknya seperti sitronelol, linalool dan eugenol. Zat-zat ini dapat mencegah peradangan pada tubuh contohnya seperti arthritis.

  1. Manfaat bagi daerah kewanitaan

Daun kemangi mengandung minyak atsiri yang bermanfaat untuk menjaga keharuman daerah kewanitaan. Kemudian ada juga kandungan euganol yang berguna dalam membunuh kuman serta bakteri dan mencegah jamur yang bisa membuat bau tak sedap maupun keputihan. Akan tetapi kemangi tak dianjurkan untuk sabun anti-septik pada organ kewanitaan karena dapat menyebabkan organ intim menjadi kering. Sebaiknya gunakan dengan cara direbus lalu dikonsumsi.

  1. Mencegah diabetes dan mengontrol gula darah

Sebuah studi yang dilakukan di India oleh Department of Home Science at Azad University of Agriculture and Technology ditemukan bahwa kemangi rupanya bisa dipakai untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Manfaat rebusan daun kemangi tersebut juga dapat mengurangi risiko terjadinya diabetes.

  1. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Daun kemangi rupanya mengandung serat yang berfungsi dalam meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, serah pada kemangi dapat membuat gerakan usus lebih sehat. Jika dikonsumsi setelah makan, kemangi dapat memberikan sensasi nyaman pada perut.

  1. Mengurangi kadar kolesterol

Menurut sebuah penelitian, rupanya daun kemangi bermanfaat dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Hal ini berkat adanya kandungan bernama fitokimia dan antioksidan yang bisa mencegah adanya penumpukan kolesterol di saluran pembuluh darah.

  1. Mengatasi sakit perut

Minyak esensial atsiri yang ada pada kemangi menjadikan daun ini sebagai obat tradisional dalam mengatasi sakit perut. Inilah khasiat kemangi yang sejak dahulu ada, konsumsi kemangi dapat mengatasi perut terasa kembung dan retensi air. Selain itu juga mengatasi hilangnya refluks asam dan kurangnya nafsu makan.

  1. Menyehatkan mata

Tiap 100 gram daun kemangi mengandung 175% atau 5.275 mg dari dosis harian vitamin A. Kandungan vitamin A ini bermanfaat sebagai sumber anti-oksidan dimana sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, konsumsi makanan kaya vitamin A dapat membantu melindungi tubuh dari sakit kanker seperti kanker mulut dan paru-paru.

  1. Mengobati panu

Kemangi dapat dipakai untuk mengobati panu! Agar bisa mendapatkan manfaat kemangi untuk tubuh satu ini caranya gampang, cukup dengan ambil beberapa lembar daun kemangi kemudian haluskan dan campur dengan sedikit kapur sirih. Setelah itu oleskan ke bagian yang sakit panu.

  1. Obat sakit jantung

Kandungan betakaroten dan magnesium yang ada pada kemangi sangatlah baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu juga ada flavonoid yang membantu menurunkan tekanan darah serta kolesterol. Ditambah lagi membantu dalam menurunkan berat badan.

  1. Melancarkan ASI

Kemangi begitu bermanfaat bagi ibu yang sedang menyusui sebab mampu membantu melancarkan ASI. Selain itu kemangi juga dipercaya dapat membantu mencegah bau mulut dan bau badan. Tak perlu repot-repot memanfaatkannya, cukup makan saja sebagai lalapan segar.

Itulah tadi berbagai manfaat kemangi yang perlu Anda tahu karena rupanya daun kecil ini menawarkan banyak sekali khasiat bagi tubuh.

10 Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan