Memiliki kaki yang pecah-pecah tentu akan sangat mengganggu penampilan, karena tumit kaki akan terlihat tidak sempurna. Banyak sekali orang yang mengalami hal ini dan belum tahu bagaimana cara mengatasinya. Sebenarnya, tumit yang pecah-pecah ini terjadi karena beberapa penyebab, di mana setiap orang tentu berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Namun pada dasarnya, apabila ingin memiliki tumit yang sehat, tentu perlu menjaganya dengan baik dan membutuhkan perawatan. Tidak perlu khawatir, karena perawatan yang dimaksud bukanlah perawatan yang mahal, akan tetapi hanya butuh dirawat sendiri. Penyebab tumit pecah-pecah ini perlu diketahui penyebabnya, sehingga bisa menghindari hal tersebut.

Penyebab Tumit Pecah-Pecah

Berikut ini merupakan beberapa hal yang menyebabkan tumit menjadi pecah-pecah dan mengganggu penampilan.

  • Obesitas

Obesitas ini merupakan salah satu penyebab terjadinya tumit pecah-pecah. Dan nyatanya obesitas ini memiliki pengaruh yang cukup besar. Apabila memiliki kelebihan berat badan, tentu kaki yang dijadikan sebagai penopang tubuh akan bekerja lebih keras dan akan menopang berat yang lebih banyak. Dengan demikian maka tekanan di tumit akan semakin besar, sehingga membuat tumit menjadi keras. Jika ini dibiarkan terus menerus, maka menyebabkan tumit menjadi kasar dan pecah-pecah. Untuk itu, sebisa mungkin cegahlah untuk tidak terjadi obesitas.

  • Alas kaki yang salah

Penggunaan alas kaki yang tidak tepat tentu bisa menyebabkan tumit menjadi pecah-pecah. Misal jika ukuran sepatu atau sandal tidak sesuai dengan ukuran kaki, maka alas kaki akan merasa tidak nyaman dan bisa menyebabkan tumit menjadi pecah-pecah. Apalagi untuk alas kaki yang memiliki ukuran lebih kecil dari kaki, maka sangat besar untuk memicu terjadinya hal ini. Selain itu, permukaan alas kaki yang kasar juga akan menyebabkan tumit menjadi kasar, sehingga hal ini perlu diperhatikan dengan baik.

  • Kurang nutrisi

Kulit tentu membutuhkan nutrisi yang cukup. Karena pada dasarnya nutrisi ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit pada tumit. Apabila mineral dan nutrisi tidak terpenuhi dengan baik, maka hal ini akan berdampak buruk terhadap kulit. Akan sangat penting untuk menjaga pola makan sehingga kesehatan kulit bisa terjaga dengan baik.

Tips Mengatasi Pecah-Pecah di Tumit

Untuk mengatasi tumit yang pecah-pecah, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

  • Gunakan Pelembab

Usahakan untuk menggunakan krim pelembab khusus kaki secara rutin. Setelah mandi ataupun merendam kaki, oleskan pelembab pada tumit sehingga kelembaban tetap terjaga. Akan lebih baik apabila menggunakan salep maupun krim dibandingkan dengan lotion, karena lebih efektif. Jika memilih krim, maka dianjurkan untuk memilih krim yang memiliki kandungan shea butter atau minyak. Kandungan seperti asam laktat, gliserin, urea, asam hyaluronic, lanomin, dimetikon, mineral oil, dan petroleum jelly juga sangat dibutuhkan. Menggunakan pelembab ini tujuannya adalah untuk mengatasi kulit tumit yang kering dan menyebabkan pecah-pecah.

  • Gosok tumit dengan batu apung

Ketika mandi ataupun merendam kaki, maka gosoklah tumit menggunakan batu apung. Cara ini bisa membantu mengikis kulit yang kasar sedikit demi sedikit. Namun jangan lakukan hal setiap kali mandi. Cukup lakukan beberapa kali dalam seminggu sehingga bisa mencegah terjadinya penebalan kulit pada tumit. Batu apung ini merupakan batu yang memiliki permukaan yang kasar sehingga penebalan kulit pada tumit bisa diatasi. Cara ini memang tidak begitu efektif, akan tetapi jika ini bisa dilakukan secara rutin, maka bisa membantu mengatasi tumit yang pecah-pecah.

  • Gunakan alas kaki yang tepat

Salah satu hal yang menyebabkan tumit menjadi pecah-pecah adalah karena penggunaan alas kaki yang tidak tepat. Untuk itu sebisa mungkin pilihlah alas kaki yang sesuai dengan ukuran kaki dan nyaman dipakai. Usahakan untuk tidak memakai alas kaki yang memiliki permukaan keras, karena ini akan mampu memicu tumit menjadi pecah-pecah. Untuk itu sangat perlu mengetahui ukuran alas kaki yang tepat sehingga bisa memilih sepatu atau sandal yang sesuai dengan ukuran. Jika berdiri terlalu lama dengan alas kaki yang tidak nyaman dipakai, maka tumit akan mengalami masalah dan menyebabkan penampilan menjadi berkurang dan tidak percaya diri.

  • Memakai kaos kaki ketika bepergian

Menggunakan kaos kaki ketika bepergian tentu menjadi pilihan yang sangat tepat. Hal ini tentu memiliki banyak dampak positif, karena bisa melindungi kaki dari berbagai hal. Tidak semua alas kaki memiliki tekstur yang halus dan lembut, sehingga ketika menggunakan kaos kaki tentu tumit akan lebih terlindungi. Meskipun hal ini merupakan sesuatu yang sepele dan tidak begitu besar, akan tetapi sangatlah penting untuk diperhatikan.

Demikianlah hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya tumit yang pecah-pecah. Banyak sekali wanita yang cantik dari atas hingga bawah, akan tetapi memiliki masalah di kulit tumit. Hal ini tentu sangat menjengkelkan, sehingga perlu segera diatasi dengan baik. Meskipun tidak bisa diatasi dengan instan, akan tetapi hal ini mampu diminimalisasi dan diatasi sedikit demi sedikit.

4 Cara Mencegah Tumit Pecah-Pecah