Pernahkah Anda mengalami luka terbuka di area kulit? Bagaimana proses penyembuhan yang dilakukan tubuh hingga luka dapat sembuh dengan sendirinya? Simak ulasan di bawah ini, dapatkan juga agen jual minyak kutus Kutus yang asli di sini.

Tahapan Dalam Proses Penyembuhan Luka

Saat kulit atau jaringan tubuh mengalami kerusakan atau luka, terdapat beberapa tahapan dalam proses penyembuhan yang perlu Anda ketahui yaitu sebagai berikut ini:

  1. Tahap Hemostasis

Tahap pertama yang terjadi pada proses penyembuhan sebuah luka yaitu tahap hemostasis atau tahap pembekuan darah. Pada luka terbuka atau luka sayatan, darah akan keluar secara perlahan atau deras tergantung besar kecilnya luka yang dialami.

Namun setelah beberapa detik hingga menit, darah akan menggumpal sebagai upaya untuk menutup luka pada proses penyembuhan. Darah yang membeku juga merupakan salah satu upaya tubuh untuk mencegah terlalu banyak darah yang keluar.

  1. Tahap Inflamasi

Tahap kedua yaitu setelah darah berhenti keluar, pembuluh darah akan mengalirkan darah segar ke area yang terluka sehingga terjadi pelebaran pada pembuluh darah. Pelebaran pembuluh darah ini disebut sebagai inflamasi atau peradangan, dimana luka akan terasa membengkak, kemerahan, dan nyeri.

Pada tahap kedua ini, tubuh akan membuat sel-sel darah putih bekerja di area sekitar luka untuk membunuh kuman dan bakteri sehingga mencegah terjadinya infeksi. Selain itu, sel darah putih juga membantu untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Jika area luka terasa sangat nyeri pada tahap ini, hubungi agen jual minyak kutus-Kutus yang dapat berkhasiat membantu meredakan peradangan.

  1. Tahap Proliferatif

Tahap ketiga yaitu tahap proliferatif atau pembentukan jaringan parut yang baru. Di tahap ini, tubuh mulai memproduksi kolagen di area sekitar luka. Kolagen adalah serat protein dengan tekstur elastis yang dapat memberikan kekuatan pada kulit.

Kolagen membantu menyusutkan luka sehingga luka lebih cepat menutup serta membantu asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit baru.

  1. Tahap Pematangan

Tahap terakhir yaitu proses pematangan atau penguatan jaringan, biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama hingga bertahun-tahun. Setelah jaringan kulit yang rusak benar-benar pulih, maka jaringan kulit tersebut akan menjadi sama kuatnya seperti sebelum mengalami kerusakan.

Namun tampilan luar atau disebut bekas luka akan terlihat berbeda dengan kulit normal. Itulah mengapa bekas luka sangat sulit untuk dihilangkan meskipun luka telah sembuh cukup lama. Sebab bekas luka tidak dapat memproduksi jaringan kulit atau elastin baru.

Faktor Penyebab Luka Sulit Untuk Sembuh

Proses penyembuhan luka dapat berbeda-beda pada setiap orang, hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Beberapa orang mungkin mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat, namun beberapa orang juga mengalami proses penyembuhan dengan waktu yang lama.

Berikut ini beberapa faktor penyebab luka sulit untuk sembuh yang perlu Anda ketahui:

  • Infeksi

Infeksi disebabkan oleh bakteri dan kuman yang terdapat pada area sekitar luka apabila luka tidak dibersihkan dengan baik. Infeksi dapat menyebabkan luka semakin parah yaitu semakin melebar sehingga waktu penyembuhan semakin lama.

  • Aliran darah yang tidak lancar

Di dalam sel darah terkandung oksigen dan nutrisi yang penting untuk proses penyembuhan luka. Apabila aliran darah tidak lancar, proses penyembuhan luka akan terhambat dan risiko terjadi gangguan pada penyumbatan darah atau varises.

  • Usia

Usia sangat berpengaruh terhadap proses penyembuhan luka, pada usia lanjut umumnya proses penyembuhan luka akan semakin lama.

  • Stres

Stres dapat menyebabkan nafsu makan berkurang sehingga nutrisi yang dibutuhkan tidak terpenuhi dengan baik. Proses penyembuhan luka pun semakin lama apabila Anda mengalami stres.

  • Efek samping dari obat-obatan

Beberapa obat-obatan tertentu dapat menyebabkan proses penyembuhan menjadi lebih lama seperti obat-obatan yang menyebabkan pengenceran darah.

  • Merokok

Rokok sangat berbahaya bagi tubuh karena mengandung bahan kimia dan racun yang dapat meningkatkan risiko infeksi pada tubuh.

Demikianlah beberapa tahapan dalam proses penyembuhan luka atau penyakit di dalam tubuh. Jika Anda memiliki luka terbuka, Anda dapat menghubungi agen jual minyak kutus Kutus untuk pengobatan alternatif dengan bahan-bahan alami.

Proses Penyembuhan Penyakit dan Infeksi Dalam Tubuh