Jerawat merupakan salah satu masalah yang cukup banyak ditemui oleh banyak orang. Biasanya wajah ini ditemukan di wajah dan menyebabkan penampilan menjadi buruk. Namun siapa sangka bahwa jerawat bisa muncul di kulit kepala. Jerawat yang demikian memang tidak terlihat, akan tetapi sama-sama mengganggu. Masalah kecil ini bisa menjadi besar apabila terus dibiarkan dan tidak segera diatasi.

Apalagi biasanya jerawat di kepala mampu mengganggu aktivitas karena sangat pegal dan menyebabkan kepala menjadi sakit. Penyebab dari jerawat di kulit kepala ini tentu ada beberapa hal. Untuk itu hal tersebut perlu dihindari dan dicegah supaya jerawat tidak muncul di kulit kepala.

Penyebab Munculnya Jerawat di Kepala

Berikut ini merupakan beberapa penyebab jerawat di kulit kepala.

  • Debu dan polusi

Bagi yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, tentu sangat berisiko untuk memunculkan jerawat di kulit kepala. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa debu dan polusi yang menempel di kulit kepala akan mampu menyebabkan jerawat yang sangat mengganggu. Untuk itu, ketika berada di luar ruangan, apalagi di ruang terbuka yang penuh dengan debu dan polusi, usahakan untuk mengenakan pelindung kepala seperti topi maupun payung. Sebenarnya ini bukan cara yang efektif, akan tetapi bisa sedikit mengurangi risiko terjadinya jerawat.

  • Kurang dijaga kebersihan kepala

Penyebab lainnya dari jerawat di kulit kepala adalah kurang bisa menjaga kebersihan dari kulit kepala. Usahakan untuk menjaga kebersihan kulit kepala dengan cara keramas seminggu minimal dua kali. Namun intensitas keramas ini sebaiknya disesuaikan dengan aktivitas. Jika perlu, gunakanlah vitamin dan nutrisi untuk rambut dan kulit kepala, sehingga akan tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya. Perlu diketahui bahwa kulit kepala yang bersih dan sehat tentu tidak akan menyebabkan timbulnya jerawat.

  • Kulit kepala berminyak

Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya jerawat di kulit kepala adalah produksi minyak yang berlebih. Seperti halnya jerawat di wajah, ketika kulit menghasilkan minyak yang berlebih, maka memicu timbulnya jerawat dan peradangan. Untuk itu, usahakan menjaga kelembaban kulit kepala untuk tidak berminyak dan tidak begitu kering.

Bagaimana Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala

  • Lemon

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat di kulit kepala adalah dengan menggunakan lemon. Caranya sangatlah mudah, yakni cukup dengan siapkan satu buah lemon lalu potonglah menjadi beberapa bagian. Oleskan lemon pada kulit kepala yang basah dan tunggu sekitar 30 menit untuk kembali dibilas. Lakukan cara ini secara rutin sekitar tiga kali dalam seminggu. Jika sekiranya tidak ingin semua kulit kepala, maka oleskanlah di bagian yang terdapat jerawatnya saja.

  • Tea tree Oil

Untuk mengatasi jerawat di kulit kepala selanjutnya adalah dengan menggunakan tea tree oil. Caranya sangatlah mudah. Pertama, keramasi rambut dan kulit kepala lalu keringkan hingga setengah kering. Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengoleskan tea tree oil pada kulit kepala yang terdapat jerawat. Pastikan bahwa tea tree oil tersebut meresap hingga kulit kepala dan kemudian bisa dibilas. Cara ini cukup efektif menghilangkan jerawat di kulit kepala dan sudah banyak orang yang membuktikannya.

  • Lidah Buaya

Selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Ada banyak sekali kandungan nutrisi pada lidah buaya, salah satunya adalah mampu memberikan nutrisi pada kulit kepala. Dengan demikian, maka lidah buaya ini mampu mencegah jerawat pada kulit kepala. Ambil gel lidah buaya, lalu oleskanlah di bagian yang terdapat jerawat. Lakukanlah secara rutin hingga jerawat mengempis.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat pada kulit kepala. Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar untuk bisa mengatasi masalah tersebut. Tidak perlu khawatir, karena jika langsung segera diatasi, maka masalah jerawat di kulit kepala ini akan segera hilang dan tidak mengganggu aktivitas.

Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala