Salah satu gangguan pencernaan yang sering dialami adalah sembelit atau susah BAB. Hal ini berkaitan dengan sistem pencernaan kita yang tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Hal ini bisa terjadi kepada siapa pun bahkan balita sekalipun.

Dikatakan sembelit atau susah BAB jika Anda tidak bisa mengeluarkan kotoran selama 3 hari atau lebih. Hal ini terjadi karena ada yang terjadi dalam sistem pencernaan dan harus segera diobati.

Susah BAB juga memicu penurunan produktivitas kegiatan sehari-hari. Harga toilet portable bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda jika ingin mencari toilet yang bagus dan berkualitas.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Sulit BAB akan membuat seluruh kegiatan kita sehari-hari menjadi terhambat karena perut kita merasa begah dan penuh dengan gas. Tentunya hal ini sangat tidak nyaman untuk kita rasakan.

Ada banyak hal yang menyebabkan mengapa kita bisa sembelit, salah satunya adalah kurang serat. Serat pada sayur dan buah nyatanya bisa membantu sistem pencernaan kita menjadi lancar.

Oleh sebab itu dokter menyarankan ketika kita mengalami sembelit, perbanyak makan serat misalnya dari buah pisang. Ada banyak cara untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh kita. Berikut ini adalah langkah sederhana melancarkan pencernaan:

  1. Perbanyak Minum Air Putih

jika Anda sedang merasa sembelit, sebaiknya jangan terburu-buru untuk minum obat pencahar. Cobalah lihat terlebih dahulu penyebab mengapa Anda susah BAB.

Salah satu penyebab paling sering dilakukan oleh manusia adalah karena jarang minum air putih. Padahal air putih bisa membantu sistem pencernaan menjadi lancar. kurangnya air putih bisa membuat sistem pencernaan menjadi terhambat.

Jika Anda kurang minum air putih, tubuh akan merasakan dehidrasi. Kondisi ini akan mempengaruhi usus besar. Karena usus besar tidak bisa menyerap air dari tubuh.

Akibatnya feses menjadi kering, keras dan sulit untuk dikeluarkan. Hal inilah yang menyebabkan sembelit, karena usus besar tidak menerima asupan air untuk melancarkan feses.

  1. Perbanyak Konsumsi Serat

Selain minum air putih, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi serat. Serat sangat baik bagi tubuh khususnya untuk sistem pencernaan.

Asupan serat yang bisa Anda dapatkan berasal dari buah pisang, kentang, roti gandum dan sebagainya. Fungsi serat bagi sistem pencernaan adalah melunakkan feses.

Sehingga jika Anda mengonsumsi banyak serat, maka akan membantu feses keluar dari tubuh. Selain serat, Anda juga bisa konsumsi susu fermentasi atau yoghurt untuk melancarkan sistem pencernaan.

Yoghurt atau susu fermentasi dipercaya bisa melancarkan sistem pencernaan. Harga toilet portable juga bisa membantu Anda rutin melakukan BAB.

  1. Olahraga Rutin

Meskipun Anda sudah sibuk bekerja, sebaiknya sempatkan diri untuk berolahraga setiap minggunya. Olahraga akan membuat tubuh lebih segar dan dampaknya akan baik bagi sistem pencernaan.

Jika Anda aktif untuk bergerak, maka tubuh secara otomatis akan membantu sistem pencernaan Anda menjadi lebih lancar. Anda bisa lakukan olahraga ringan seperti sit-up, push-up atau joging keliling rumah.

  1. Hindari Kebiasaan Menahan BAB

Kadang di kondisi tertentu kita harus menahan kentut atau BAB. Ternyata hal ini buruk bagi tubuh kita. Sesekali boleh kita menahan kentut atau BAB namun kita tidak boleh terlalu sering melakukannya.

Hal ini akan berdampak pada tubuh kita dan membentuk kebiasaan baru dimana kita sering menunda BAB. Hal inilah yang membuat sistem pencernaan menjadi terganggu karena Anda terlalu sering menahan BAB.

Jika dalam kondisi tidak darurat, segeralah masuk ke toilet untuk BAB. Jangan ditunda karena bisa menimbulkan penyakit di tubuh Anda sendiri.

  1. Pilih Toilet Yang Berkualitas

Pemilihan toilet juga sangat berpengaruh terhadap sistem pencernaan Anda. menurut penelitian, toilet jongkok lebih bagus karena bisa membuat feses keluar dengan lancar.

Namun pada dasarnya toilet duduk pun sama baiknya dengan toilet jongkok. Dokter menyarankan posisi yang pas untuk Bab yaitu dengan duduk dan mengarahkan tubuh ke bagian depan saat BAB.

Jangan lupa untuk lemaskan bagian paha dan lengan. Hal ini akan membantu feses keluar lebih mudah. Pilihlah Harga toilet portable terbaik untuk kesehatan Anda.

5 Tips Sederhana Agar BAB Lancar