Kesehatan merupakan salah satu bidang yang menjadi fokus utama bagi para ilmuwan dan peneliti. Pasalnya kesehatan merupakan bidang yang berkaitan dengan pola hidup dan gaya hidup manusia yang tentu berhubungan dengan masa hidup. Kesehatan berkaitan erat dengan obat-obatan serta berbagai macam teknik serta teknologi yang mendukung proses medis. Akhir-akhir ini banyak ditemukan rekayasa obat-obatan baik alami maupun kimia yang ditemukan oleh para peneliti. Selain itu, penemuan tersebut juga diikuti dengan perkembangan teknologi di bidang medis yang mendukung. Kali ini, kita akan sedikit mengulas informasi mengenai teknologi canggih yang mendukung bidang kesehatan.

Beberapa Teknologi Medis Yang Canggih

Dewasa ini, dunia kesehatan banyak menemukan teknologi-teknologi canggih yang mendukung proses pengobatan maupun pencegahan suatu penyakit. Beberapa teknologi tersebut mungkin terkesan asing bagi beberapa orang awam. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa alat-alat kesehatan yang canggih.

–  Penyambung Sel-Sel Kulit dan Sel-Sel Tulang

Patah tulang pasti bukan lagi hal yang asing terdengar di telinga Anda. Beberapa orang mungkin mengalami patah tulang akibat kecelakaan. Apakah Anda dapat membayangkan rasa sakit saat patah tulang? Saat patah tulang tentu rasa sakit yang dirasakan mengerikan. Di Indonesia, solusi yang diambil untuk menangani pasien patah tulang biasanya dengan menggunakan pen. Pen merupakan sejenis alat penyambung tulang sementara yang terbuat dari logam.

Akhir-akhir ini, sebuah universitas di Jepang berhasil menemukan inovasi baru di bidang kesehatan untuk menyambung tulang seseorang yang patah. Alat tersebut merupakan alat yang memiliki bentuk mirip chip komputer. Chip tersebut mampu menyambungkan sel-sel tulang dan sel kulit sementara. Chip ini mampu mengurangi rasa sakit dan nyeri saat patah tulang sebelum dilakukan penanganan lanjut untuk menyambung tulang yang patah. Hal ini tentu sangat membantu tenaga medis dan korban.

Selain teknologi chip penyambung sel-sel tulang, sebuah universitas di Jepang juga telah berhasil menemukan teknologi yang disebut dengan “chargo”. Teknologi ini merupakan teknologi sengatan listrik yang berfungsi untuk menutup luka pada kulit. Chargo akan memberikan instruksi pada kulit kita untuk menyambung. Alat ini dilengkapi dengan teknologi berbasis TNT atau Tissue Nanotransfection. Alat ini berhasil diujikan pada hewan uji tikus dan babi. Chargo terbukti berhasil menutup luka parah pada kaki tikus sehingga sel-sel syaraf dan aliran darah pada kaki tikus kembali normal.

– Micronedle Patch

Alat ini merupakan temuan baru yang ditemukan oleh para peneliti dari Medical Center Colombia University. Alat ini berfungsi untuk mencairkan lemak pada tubuh. Tentu alat tersebut sangat membantu orang-orang yang sedang mengalami obesitas. Alat ini bekerja dengan cara mengubah obat-obatan tertentu yang diinjeksikan pada micronedle ke area-area tertentu. Alat tersebut mampu mengubah lemak coklat menjadi lemak putih. Lemak coklat adalah lemak yang dapat mengendap dalam tubuh, sedangkan lemak putih adalah lemak yang dapat menjadi cadangan makanan pada tubuh. Lemak putih yang membantu tubuh kita saat tidak mendapat asupan makanan. Alat ini telah terbukti berhasil setelah diujikan pada tikus. Lemak pada tikus terbukti menurun sebesar 20%.

Beberapa teknologi di atas adalah contoh teknologi mutakhir yang membantu para tenaga medis dalam melakukan pengobatan atau penyembuhan. Namun alat-alat tersebut belum beredar secara luas, bahkan di Indonesia mungkin belum ada yang memakai alat tersebut. Masih ada beberapa alat teknologi canggih yang dapat membantu para praktisi medis dalam melakukan pengobatan.

Teknologi Canggih di Bidang Kesehatan